Bersepeda di Udara, Ngebel Adventure Park, Ponorogo

Berdesa

Penulis:Bearita.com

"NAP memadukan kealamian pegunungan, wahana permainan dan areal peristirahatan yang sejuk bagi tubuh"

Bearita.com- Hamparan alam di kecamatan Ngebel, Ponorogo, Jawa Timur sudah terkenal di Indonesia. Telaga Ngebel tentu Anda sudah dengar dan berkunjung kesana. BUM Desa Barokah, Desa Ngebel, Ponorogo, kini mengelola Ngebel Adventure Park (NAP). Mereka menawarkan pemandangan surgawi. Dikelola secara gotong royong, partisipatif dan kolektif. Khas ala spirit BUM Desa.

Dari Pasar Desa ke Wisata Berdesa

BUM Desa Barokah Desa Ngebel membentuk Divisi Usaha NAP, bagian dari struktur organik BUM Desa. Divisi Usaha baru, yang launching pada tanggal 20 Desember 2019 lalu.

Awal mula, pada tahun 2014, Bum Desa Barokah telah merintis Divisi Usaha persewaan alat resepsi dan pengelolaan Pasar Desa. Model bisnis BUM Desa Barokah berubah melalui NAP. Tenaga kerja terserap hingga 17 (tujuh belas) orang.

"Warga Desa merasakan manfaat dari spirit gotong royong (konsolidasi) BUM Desa. Warung makan dan rumah inap (homestay) milik warga menjadi mitra BUM Desa," kata Eko Nur Cahyo, Kepala Divisi Usaha NAP.

Andalan NAP adalah penampakkan hutan Alami dan kondisi alam diatas Telaga Ngebel. Dengan sentuhan rekayasa teknologi, NAP memadukan kealamian pegunungan, wahana permainan dan areal peristirahatan yang sejuk bagi tubuh.

Paket Mancakrida 

Anda bisa memilih paket wisata NAP. Ada paket camping ground dan uji adrenalin berpetualang dengan ATV. Wahana Mancakrida (outbound) bisa dijajal, mulai dari low impact sampai dengan high impact. Jangan khawatir, ada pendamping Mancakrida (outbound) dari tenaga pemandu (guide) dan instruktur yang terlatih dan sabar.

Kelakuan pengunjung bisa anda lihat berani melakukan ayunan ekstrem, flying fox dan sepeda udara. Diatas jurang terjal yang berada di atas telaga. Seperti biasa, pengunjung yang juga Netizen aktif memanfaatkan wahana swafoto yang Instagramable, di taman bunga dan rumah Anggrek.

Harga Tiket masuk ke lokasi NAP murah-merintih sebesar Rp 5.000 per orang. Anda bisa memilih ayunan ekstreem seharga Rp 15.000, sepeda udara Rp 20.000, flying fox Rp 15.000 dan berpetualang dengan ATV seharga Rp. 50.000. 

Rute Wisata

Anda bisa lanjutkan penjelajahan. Ngebel masih menampakkan berbagai pesona wisata alam yang beragam. BUM Desa lain di wilayah Ngebel marak dengan promosi wisata. Wisata Gunung Badut dikelola oleh BUM Desa Sumber Urip Talun. 

Wisata petik durian di Kampong Durian dikelola oleh BUM Desa Pring Sewu, Desa Ngrogung. Dan Hutan Alami di Ngebel dan Pupus.

Ayukan kaki libur akhir tahun ini juga ke Air Terjun alami Songgo Langit di Desa Pupus. Dan Kolam Pemandian Air Panas di Wagir Lor. Dikelola oleh korporasi-swasta dan kelompok masyarakat (Pokdarwis).***

Kontributor: Jamal Mustofa, Twitter: @Shadow_mozart. 

Editor: ASP

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved