Seni Kerajinan Bambu di Desa Genteng

Berdesa

Penulis:Bearita.com

"Gagasan praktis pengrajin bambu yang lahir dari kaum muda Desa Genteng, Dawuan, Majalengka, di masa pandemi Covid-19"

Bearita.com- 

Sering kita berjalan kaki melihat rerimbunan tanaman bambu. Tanaman yang sangat mudah ditemui di Desa dan sebagian wilayah perkotaan. Sejak zaman prasejarah dan kolonial para leluhur kita memanfaatkan bambu dalam kehidupan sehari-hari.

Pada masa modern para pengrajin berkreasi menjadikan bambu sebagai kerajinan yang unik dan kreatif. Kini anda bisa menyaksikan kerajinan anyaman dan miniatur dari bahan bambu di Majalengka. "Buara Kembang Campaka". Gagasan praktis pengrajin bambu yang lahir dari kaum muda Desa di masa pandemi Covid-19.

Dengan kesederhanaan dan segala keterbatasannya, kaum muda Desa Genteng, Dawuan, Kabupaten Majalengka, menggerakkan Karang Taruna setempat menciptakan disain dan produksi kerajinan bambu.

Rorompok PSBB (Padepokan Saung Bambu Balagawa) Majalengka membuka ruang ekspresi bagi kaum muda di Desa ini. Mereka terus berinovasi dan mencari ceruk pasar terdalam (niche market) untuk memasarkan kerajinan bambu.  

Proses Berkerajinan Bambu

Masyarakat dari Desa dan wilayah lainnya bisa mempelajari seni kriya bambu. Tak hanya karya serba-bambu, pengunjung langsung bisa menyatu dengan alam.

Tak jauh dari lokasi pengrajin bambu, Anda bisa melakukan penjelajahan ke Situ Cipanten. Terletak di Gunung Kuning untuk mampir melihat, mempelajari bahkan membeli sebagai cinderamata. Kita akan saksikan kegigihan kaum muda di Desa mengatasi kesulitan hidup selama pandemi Covid-19 dengan seni bambu.

Kini PSBB Majalengka mulai ramai dikunjungi warga dari berbagai penjuru Majalengka. Selain melihat kerajinan bambu, pengunjung berdiskusi dengan petani yang aktif di PSBB Majalengka.

"Gemeretak bambu membuatku ngilu, apa mungkin kau menyimpan sembilu tarianmu, saat petang mulai meremang, sungguh memiriskan perasaan." *

Kontributor: Panji Pradana

Editor: ASP

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved