Apa Dampak Terhadap Penduduk Jika Suatu Negara Memiliki Banyak Hutang

Ekonomi

Peta sebaran hutang negara-negara di dunia

Penulis:Bearita.com

Jika sebuah negara memiliki terlalu banyak utang, para investor/lender bisa saja menolak untuk meminjamkan dana mereka.

Hal tersebut dikarenakan negara tersebut sudah memiliki sejarah kredit yang kurang baik, mereka berasumsi bahwa negara tidak akan lagi mampu untuk melunasi pinjaman.

Sementara bagi para lender yang bersedia meminjamkan dana, pasti mereka akan memberikan utang dengan rasio bunga yang sangat tinggi, karena mereka akan menerapkan prinsip high risk high return.

Lalu apa pengaruh utang negara terhadap rakyatnya? Jawabannya akan sangat tergantung dengan bagaimana pemerintah mengalokasikan dana yang mereka peroleh.

Jika dana digunakan untuk pembangunan infrastruktur, maka dana tersebut tidak akan menghasilkan revenue, jika dana digunakan untuk menunjang performa di bidang usaha, revenue yang dihasilkan bisa digunakan untuk membayar kembali utang-utang negara, tapi karena rasio bunga yang sangat tinggi, bisa jadi negara akan terlalu sibuk mengalokasikan dana untuk membayar utang, pembangunan infrastruktur jadi terhambat, pajak bisa saja dinaikan, subsidi banyak yang dicabut untuk menaikan pendapatan negara, kualitas hidup rakyat pun akan jadi menurun.

Jika negara terus menghabiskan uang lebih besar dari kemampuan mereka untuk menghasilkan (pendapatan), hal tersebuat akan menyebabkan terjadinya inflasi.

Catatan Kaki
How Governments Reduce the National Debt
National Debt
Does Rising National Debt Portend Higher Inflation? | St. Louis Fed

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved