Cara Membuat Jadwal Postingan Sosial Media di Canva, Lebih Konsisten

Teknologi

Canva

Penulis:Bearita.com

Menjadi konten kreator selalu dituntut untuk bisa lebih konsisten. Biasanya setiap konten kreator akan membuat jadwal postingan sosial media untuk memudahkan konten apa saja yang akan dibuat. Dan untuk membuat konten lebih mudah dan praktis adalah dengan menggunakan canva. Caranya cukup mudah untuk dilakukan.

Setelah mendominasi ruang desain grafis selama bertahun-tahun, Canva kembali dengan add-on lain yang berguna untuk konten kreator dan influencer. Dengan fitur Jadwal baru, seseorang dapat dengan mudah membagikan spanduk atau template dari Canva ke jaringan media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, LinkedIn, Tik Tok, dan banyak lagi. 

Jadwal dengan berbagi sosial media, terbatas hanya untuk pengguna Canva Pro. Kamu dapat mendaftar untuk uji coba gratis selama beberapa minggu atau membayar paket bulanan atau tahunan untuk memulai.

Berikut cara membuat jadwal  postingan sosial media di Canva.

  1. Buka Canva di desktop dan masuk menggunakan kredensial akun kamu. Pastikan terlebih dulu kamu telah menggunakan Canva Pro untuk mengakses fitur Jadwal.
  2. Buka bagian templat dan pilih yang sesuai dengan kebutuhan sosial media kamu. Canva memiliki ribuan template siap pakai. Jika kamu ingin mengumumkan penjualan yang akan datang untuk produk setelah seminggu. Jadwalkan dengan baik agar tetap konsisten.
  3. Pilih template obral dan buat perubahan yang diperlukan dari menu pengeditan Canva. Kamu dapat mengubah font, warna, menambahkan logo, mengubah latar belakang, dan membuat pamflet yang sempurna untuk merayu pengikut di media sosial.
  4. Saat kamu puas dengan desainnya, klik menu tiga titik di sudut kanan atas.
  5. Pilih Jadwal.
  6. Pilih Tanggal dan Waktu di mana kamu ingin posting ditayangkan. Tekan Berikutnya di bagian bawah.
  7. Kamu akan melihat tanggal dan waktu pilihan di bagian atas. Pilih saluran dan klik saluran media sosial pilihan kamu dari menu berikut. 
  8. Canva akan meminta kamu untuk menghubungkan platform media sosial tertentu untuk memublikasikan postingan pada waktu yang dipilih.
  9. Otorisasi Canva untuk mengakses akun media sosial. Kamu akan melihat gambar profil dengan akun media sosial milikmu di Canva.
  10. Pilih jenis konten Canva seperti PNG, GIF, atau Video MP4 dan tulis di sosial media kamu dalam 280 karakter.
  11. Tekan Jadwalkan posting, dan postingan kamu siap untuk ditayangkan pada tanggal dan waktu yang dipilih di saluran media sosial pilihan kamu.

Canva akan meminta kamu untuk membuat salinan spanduk, dan kamu juga dapat mencapainya di Perencana Konten.

Dengan versi gratis Canva, kamu dapat dengan mudah membagikan kreasi Canva ke banyak jaringan media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dll. Selain itu, fungsi Jadwal memberi kamu lebih banyak kekuatan untuk berbagi.

Ini juga bisa menjadi alat yang sempurna untuk melakukan iklan secara teratur melalui saluran ini. Kamu dapat merencanakan seluruh konten di Canva dan menjadwalkannya ke akun media sosial pilihan kamu.

Akan tetapi, berbagi jadwal sosial media, Canva adalah keuntungan bagi agensi pemasaran, influencer, dan pengguna bisnis. Kamu dapat merencanakan strategi media sosial dan tidak perlu khawatir kehilangan momen dengan fungsi penjadwalan.

Media sosial yang kamu gunakan bisa menjadi lumbung cuan yang sangat melimpah jika dimanfaatkan dengan baik. Dari semua pengguna sosial media lebih suka dengan selebgram atau konten kreator yang selalu konsisten membuat postingan. Sehingga tidak ada kebosanan untuk melihat konten yang sama setiap hari. 

Dan yang tak kalah penting adalah membuat konten yang berkualitas dan mampu menarik perhatian dari semua pengguna di sosial media. Dengan hal itu, konten yang kamu buat akan semakin populer dan banyak disukai oleh masyarakat. Namun, buatlah konten yang orisinil milik ide kamu sendiri dan bukan hasil jiplak karya orang lain.

Nah, itulah tadi cara mudah untuk membuat jadwal postingan di sosial media dengan menggunakan canva. Kamu bisa menggunakan canva versi ponsel atau webnya. Gunakan untuk memaksimalkan konten.

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved