Inilah Alasan Kenapa Udara Pegunungan Lebih Dingin Daripada Dataran Rendah

Sains

Ilustrasi pegunungan

Penulis:Bearita.com

Mengapa suhu di atas gunung dingin walaupun siang? Padahal gunung lebih dekat dari matahari.

Gambar dibawah ini adalah pantai yang merupakan dataran paling rendah dibumi.

Di bawah ini adalah penduduk Tibet yang tinggal di pegunungan dengan ketinggian rata-rata 4.900 meter dari permukaan laut, dan merupakan batas dataran tinggi/pegunungan yang bisa didiami oleh manusia.

(Lihat mereka memakai pakaian tebal)

Kedua tempat ini memiliki perbedaan, mari lihat lebih dekat udaranya.

Kerapatan karbon dioksida (CO2)

Di pantai, udaranya begitu rapat dan berdesak2an. Sehingga disebut udara bertekanan tinggi. CO2, unsur yang memerangkap panas dari panas sinar matahari, sebagian besar berkumpul di sini. Itulah yang membuat wilayah dataran rendah terasa panas.

Sekarang kita pindah ke gunung. Bisa dilihat CO2 di sini agak santai. Tidak banyak yang tinggal sehingga punya ruang gerak yang lebih besar, tak ada lagi desak2an. Dengan artian udara di sini bertekanan rendah. Dan ya, lebih sedikit CO2 juga berarti lebih sedikit panas. Oh ya, udara juga bukan hanya CO2,

juga ada Oksigen (O2) dan unsur-unsur lainnya. Karena oksigen sedikit (khususnya daerah Tibet), mereka yang tinggal di sini perlu menarik napas lebih panjang dan lebih sering untuk menghirup O2 dalam jumlah yang cukup. Karena itu, mereka tidak boleh bekerja lebih keras seperti pemukim dataran rendah, bisa2 mereka ngos-ngosan dan mati kehabisan oksigen.

Perbedaan tekanan udara dari pantai hingga puncak gunung Everest

Meski begitu rata-rata orang dataran tinggi tinggal di ketinggian 2.000 meter ke bawah, pernapasan mereka sama saja dengan orang pantai tapi dengan udara yang lebih sejuk.

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved