Alexander Agung: Tokoh Yunani yang Selalu Dikenang Kebesarannya

Tokoh

Penulis:Bearita.com

Sebagian orang mungkin tidak memahami satu hal: Alexander Agung (AA) tidak hanya mengubah sejarah Yunani, namun sejarah seluruh dunia.

Yunani, saat itu, seringkali melakukan pertempuran melawan pasukan Persia. Kota kecil Yunani di Thrace, Asia Minor (seluruh bagian wilayah yang kini dikenal sebagai Italy, Albania, Macedonia, Bulgaria, Turkey, Egypt, Libya, Israel, Lebanon termasuk Yunani) dan sekitarnya, sangat takut akan tentara Persia. Sehingga orang-orang Athena membentuk sebuah liga bernama Liga Delian.

Di sisi lain, Alexander Agung tak hanya menaklukan, tetapi mengusir pasukan Persia dari wilayah yang disebut Turki saat ini. Secara nyata, Alexander Agung meruntuhkan kerajaan Persia.

Hal penting lainnya adalah ia memberikan nama berunsur Alexander pada setiap nama kota yang didirikan, salah satunya kota besar yang dulu dikenal sebagai Alexandria dan kerajaan yang ia dirikan misalnya kerajaan Baktria Yunani.

Setelah meninggal, penerus Alexander Agung yang disebut diadochi, salah satunya adalah raja Epirus, Pyrrhus (Yunani) memenangkan berbagai pertempuran bersama bangsa Roma, juga Kerajaan Ptolemeus (Mesir) yang menunjukkan perlawanan.

Terakhir dan tak kalah penting Alexander Agung merupakan pemimpin dan panglima perang yang handal. Bahkan Julius Caesar mempelajari sejarah hidup Alexander Agung (seperti Napoleon) dengan mengunjungi makamnya.

Secara keseluruhan, Alexander Agung adalah jenderal besar dan pemimpin hebat yang mengubah seluruh sejarah, bukan hanya Yunani, tetapi seluruh dunia.

sumber: quora

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved