Daya Baterai iPhone Terkuras Saat Charging? Mungkin Ini Alasannya

Teknologi

ilustrasi

Penulis:Bearita.com

Saat Anda memiliki iPhone yang tak kunjung terisi baterainya, mungkin ada yang salah dengan smartphone yang Anda gunakan sekarang. Banyak aspek yang mempengaruhinya misalnya error pada charger atau baterai yang rusak.

Agak mengherankan apalagi iPhone tipe smartphone dengan tingkat kerusakan yang
rendah. Namun Anda harus ingat bahwa mesin tetaplah mesin ada serangkaian benda dan
alat yang mungkin tidak sinkron sehingga menyebabkan kerusakan. Jangan khawatir, Anda
akan terus mengakses fun88 jika membaca artikel ini lebih lanjut.

Pemakaian yang boros

Ponsel pintar semakin kehilangan kemampuannya untuk mengisi daya seiring bertambahnya usia apalagi jika pemakaiannya boros. Begitu pula baterai yang sering bekerja keras untuk memberi daya pada setiap komponen smartphone Anda.

Jika iPhone Anda bukan perangkat keras terbaru, alternatifnya adalah membeli baterai yang belum pernah dipakai dari store resmi. Manfaatkan fitur iPhone yang mampu memeriksa kesehatan baterai.

Bagi Anda yang belum mengetahuinya, mungkin bisa mengecek kesehatan baterai iPhone kita, buka Pengaturan > Baterai > Kesehatan & Pengisian Baterai. Jika persentase kesehatan baterai lebih rendah dari 80%, sudah saatnya Anda mengganti baterai.

Kabel Port USB

Dalam beberapa kasus baterai terkuras tanpa sebab yang jelas, baterai mungkin bukan sumber masalahnya. Ada beberapa contoh dimana masalah pengisian daya yang lambat disebabkan oleh kerusakan pada batu bata dan kabel pengisian daya. Port USB yang rusak mungkin juga menjadi penyebab masalah ini.

Cara terbaik untuk mendeteksi masalah ini adalah dengan meminjam baterai/ kabel pengisi daya alternatif dari teman/rekan kerja/pasangan dan memeriksa apakah masalahnya masih berlanjut. Jika Anda menyimpulkan bahwa masalahnya disebabkan oleh port USB yang buruk, inilah saatnya Anda pergi ke service center..

Kelembaban

Sebagian besar ponsel cerdas modern bahkan ponsel yang tidak memiliki peringkat perlindungan masuknya (IP) —sangat tahan terhadap kerusakan akibat air dan debu.

Bahkan iPhone yang merupakan ponsel dengan peringkat perlindungan IP yang tinggi, kelembaban di dalamnya bodi ponsel mampu mempengaruhi baterai Bukan hal yang aneh jika kehadiran tetesan air di dalam ponsel pintar membuat perilakunya tidak menentu.

Gejala paling umum yang menunjukkan baterai terkuras akibat paparan kelembaban adalah ponsel menjadi panas secara berlebihan. Ponsel yang terkena dampak mungkin mengalami tingkat pengosongan baterai yang lebih tinggi dari biasanya.

Aplikasi berkualitas rendah

Tahun 2023 semakin jarang kasus kerusakan baterai akibat kualitas aplikasi, apalagi selevel iPhone. Aplikasi yang dihosting di iOS App Store menjalani pengawasan lebih ketat dibandingkan sebelumnya, sehingga mengurangi kemungkinan Anda menginstal aplikasi yang cerdik.

Namun, hal itu terjadi jika kualitas update yang sangat buruk dan penuh bug. Hal ini dapat menyebabkan terkurasnya baterai iPhone Anda tanpa alasan yang jelas — terutama jika tidak ada penjelasan lain yang masuk akal.

Untungnya, mendeteksi masalah baterai yang disebabkan oleh aplikasi tidaklah sulit, dan ponsel cerdas berbasis iOS memungkinkan Anda dengan mudah melacak pola konsumsi daya dari setiap aplikasi yang diinstal pada perangkat.

  • Buka Pengaturan dan ketuk Baterai.
  • Gulir ke bawah ke "Penggunaan baterai menurut aplikasi".
  • Periksa aktivitas yang tidak biasa.
  • Jika Anda melihat aplikasi yang seharusnya tidak berada di atas, kemungkinan besar
Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved