Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi Selenggarakan Bimbingan Teknis Penguatan Jejaring Mitra Akademi Desa Di Purwokerto

News

Serah terima cendera mata Wakil Rektor II Tata Sembada, ST., M.BA dengan Kepala BPSDM Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi Prof. Luthfiyah Nurlaela, M.Pd

Penulis:sutardjo

Kegiatan Bimbingan Teknis Penguatan Jejaring Mitra Akademi Desa merupakan kegiatan Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa ( P3PD ) pada Sub Komponen 2C1. Kegiatan ini menyiapkan eksit strategi paska berakhirnya P3PD tahun 2024, serta menyiapkan dukungan Jejaring Mitra Akademi Desa dalam ekositem pembelajaran Akademi Desa melalui pemanfaatan Online Video Platform ( OVP ).

(26/10 2023) Purwokerto, Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi, melalui Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Desa, Daerah Tertiggal dan Transmigrasi menyelenggarakan Kegiatan Bimbingan Teknik yang di Purwokerto.

Kegiatan ini bertajuk Bimbingan Teknik Model fasilitasi pembelajaran platform akademi desa. Kegiatan ini dilaksanakan untuk penguatan membangun kolaborasi mitra jejaring Akademi Desa, Konten creator desa, PSM Pusat dan UPT Balai Kemendesa, PDTT untuk keberlanjutan Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) khususnya pada komponen 2C1 Akademi Desa dalam pemanfaatan platform pembelajaran berbasis komunitas di Desa.

Jejaring Mitra Akademi DEsa yang terlibat dalam kegiatan Bimbingan Teknik ini terdiri dari Institute Teknologi Telkom (ITT) Purwokerto, Perkumpulan Gedhe Nusantara, RTIK, IPPMI dan UNUSIA. Kegiatan Bimbingan Teknik ini, merupakan rangkaian kegiatan penguatan jejaring Mitra Akademi Desa yang telah dilaksanakan di 4 Kabupaten/Kota Sebelumnya yaitu di Enrekang, Maluku Tengah, Indramayu dan Jayapura. Tema yang diangkat pada kegiatan Bimbingan Teknik di Purwokerto adalah Inovasi Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Desa.

Kegiatan Bimbingan Teknik diselenggarakan pada tanggal 23-26 Oktober 2023 di Hotel Surya Yudha Purwokerto. Peserta dalam kegiatan ini meliputi perwakilan Mitra Jejaring Akademi Desa seperti ITT Telkom Purwokerto, Perkumpulan Gedhe Nusantara, Ikatan Pelaku Pemberdayaan Masyarakat Indonesia (IPMMI), Universitas Nahdatul Ulama Indonesia (UNUSIA), Relawan Teknologi Informasi dan Komunitasi ( RTIK), Komunitas Gerakan Desa Membangun (GDM), serta para pendamping professional seperti Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat, Pendamping Desa/ Pendamping Lokal Desa, Duta Digital, Kader Digital dan Apartur Pemerintah Desa dari Kabupaten Cilacap.

Kegiatan pada hari pertama kegiatan pembukaan yang dibuka oleh Sekretaris DISPERMADES Kabupaten Cilacap Jawa Tengah, PSM Ahli Madya Puslat SDM Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Transmigrasi Nur Indah Wahyuningsih , didampingi Yossy Suparyo mewakili Pelatih Nasional dari Jejaring Mitra Akademi Desa. Tenaga fungsional PPSDM Ahli Madya Nur Indah Wahyuningsih menyampaikan bahwa tujuan Tujuan pelaksanaan kegiatan Pelembagaan Online Video Platform, melalui kegiatan Bimbingan Teknis Model Fasilitasi Pembelajaran Berbasis OVP adalah untuk:

  1. Melakukan fasilitasi dukungan penguatan pelembagaan OVP oleh eksternal Kemendesa, PDTT melalui model praktik pemanfaatan Online Video Platform Akademi Desa dan platform media sosial lainnya sebagai platform pembelajaran dalam rangka meningkatkan partisipasi melalui jejaring mitra akademi desa dan fasilitasi komunitas konten creator di desa dalam pemanfaatan OVP.
  2. Terfasilitasinya proses pendampingan pengelolaan OVP dan fasilitasi pelembagaan oleh jejaring mitra akademi desa dan konten creator muda desa, serta pendampingan kegiatan produksi konten video pembelajaran secara mandiri serta kegiatan kurasi konten video pembelajaran modul dan kebijakan Pembangunan Desa oleh tenaga Fungsional Penggerak Swadaya Masyarakat (PSM) Pusat dan UPT Balai untuk dukungan pembinaan dan keberlanjutan kegiatan

Pada hari kedua Dr. Fuji Artanto, S.IP, MM, M.Si., MA Selaku Kepala Pusat Pelatihan SDM Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menyampaikan Akademi Desa yang dikelola Pusat Pelatihan SDM Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, ( Pusat SDM DDTT) pada Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi bekerja sama dengan Bank Dunia merupakan penguatan yang dilaksanakan melalui Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) untuk penguatan Akademi Desa.

P3PD dengan sumber pembiayaan dari pinjaman Bank Dunia (Loan IBRD No. 8941-ID) sesuai Perjanjian (Loan Agreement) pesan Peran Strategis Akademi Desa melalui pemanfaatan Online Video Platform (OVP), selanjutnya disampaikan bahwa dalam mendukung OVP diimplementasi sebagai ekosisten pembelajaran maka peran Content Creator di desa diharapkan dapat mendorong pembelajaran berbasis komunitas, selain hal tersebut dapat meningkatkan fungsi-fungsi peran kelembagaan di Desa, masyarakat dan Pemerintah Desa menjadi lebih mudah dengan pemanfaatan OVP sebagai platform pembelajaran yang mudah dipahami karena berbasis video, sehigga pertukaran pengetahuan di desa maupun antar desa bias menjadi pengetahuan Bersama baik yang difasilitasi pendamping professional, Tenaga fungsional PSM Balai dan Pusat.

Kegiatan bimbingan teknis diikuti para Aparatur Pemerintah Desa, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, Kader Digital dan Duta Digital dari Kabupaten Cilacap, yang terdiri dari Kecamatan Pesugihan dan Kecamatan Jeruk Legi, Sedangkan Desa yang menjadi peserta pada kedua kecamaan tersebut adalah Desa Tritih Lor, Tritih Wetan, Desa Cilibang, Desa Ciwuni, Desa Kalisabuk, Desa Jangrana. Desa-desa tertsebut merupkan lokus P3PD untuk egiatan Smart Village di Kabupaten Cilacap.

Kegiatan Bimbingan Teknis diawali dengan Belanja Pengetahuan ( berbagi pengetahuan) tentang Inovasi dan kreatifitas Desa, Pengenalan konten video pembelajaran, analisis kebutuhan konten, menggali ide konten, dan membuat konsep konten, review Video Pembelajaran, Pemanfaatan OVP dan Learning Management System (LMS) Untuk Ruang Komunitas Digital Desa ( RKDD), serta diskusi terpumpum terkait kebutuhan video pembelajaran di desa. Sesi ini difasilitasi Yossy Suparyo dari Perkumpulan Gedhe Nusantara.

Pada hari ketiga kegiatan bimbingan teknis dilakukan di ITT Telkom Purwokerto dengan materi pengenalan proses paska produksi dilakukan di laboratorium e-learning ITT Telkom Purwokerto yang didamping oleh Dosen ITT Telkom yang juga sebagai Pelatih Nasional Kemendesa, PDTT diantaranya Ariq Cahya Wardana, Rima Diaz Ramadhani, Novanda Nugraha, Hari Widi Utomo serta dosen dan mahasiwa ITT Telkom Purwokerto.

Pada kesempatan kegiatan yang sama kegiatan di ITT Telkom, diselenggarakan kegiatan praktisi mengajar dengan Keynote Speker Prof. Lutfiyah Nurlalela, M.Pd Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi ( BPSDM DDTT ), Beliau sampaikan menyampaikan peran Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi terutama BPSDM dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia desa, serta upaya strategis mengoftimalkan peran Akademi Desa sebagai ekosistem Pembelajaran bagi Desa.

Pada kesempatan lain sebelum kegiatan Praktisi mengajar dilaksanakan pertemuan Tim Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi yang dipimpin Prof. Nurlaela, M.Pd ( Kepala BPSDM Kementeraian Desa, PDT dan Transmigrasi ) dan Dr. Fuji Artanto, S.PI, MM, M.Si, MA ( Kepala Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi). Tim Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi disamput Wakil Rektor II ITT Telkom Purwokerto Tata Sambada, ST, M.B.A. Pada kegiatan ini Tim Kementerian DEsa yang ikut mendamping KaBadan BPSDM terdiri dari Biro Perencanaan dan Kerjasama, Biro Hukum, Pusdatin, Inspektorat Jendral dan Tim PPSDM dan Sekretariat P3PD 2C1 Akademi Desa.

Serah terima cendera mata Wakil Rektor II Tata Sembada, ST., M.BA dengan Kepala BPSDM Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi Prof. Luthfiyah Nurlaela, M.Pd Dok. ITT Purwokerto (25/10 2023)

Pada kegiatan penguatan jejaring mitra akademi desa, beberap perwakilan Jejaring Mitra Akademi Desa Seperti Ikatan Pelaku Pemberdayaan Masyarakat Indonesia (IPPMI), Universitas Nahdatul Ulama Indonesia ( UNUSIA ), Gedhe Nusantara dan Institue Teknologi Telkom Purwokerto serta PSM BBPPMD Yogyakarta dan Tim PPSDM Kementerian Desa Biro Hukum, dan Biro Perencanaan dan Kerjasam melakukan kegiatan monitoring Bersama ke Desa Melung Kecamatan Kedung Banteng, untuk melakukan pengembangan kerja kolaboratif di Desa Melung. Kegiatan didampingi Mantan Kepala Desa Melung Budi Satrio Ragel dan Margino selaku Perangkat Desa Melung.

Ir. Sutardjo dari Sekretariat P3PD SubKompnen 2C1 Akademi Desa pada kesempatan wawancara menyampaikan bahwa Upaya penguatan Akademi Desa, melalui kegiatan P3PD sub-komponen 2C1 yang dilaksanakan Puslat-SDM DDTT memiliki fokus kegiatan dalam pengembangan Model Pembelajaran Digital bagi masyarakat melalui pemanfaatan Online Video Platform (OVP) yaitu wadah berbagi Pengetahuan bagi Desa yang bersifat Knowledge Sharing dan Peer to Peer Learning. OVP sebagai Platform Akademi Desa merupakan Portal khusus pembelajaran berbasis video online yang dapat diakses dan dimanfaatkan sebagai pembelajaran adalah dalam bentuk platform web base dan mobile app.

Tim Akademi Desa

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved