Guyuran Hujan Berkah Bagi Conten Creator Muda Desa Di Ajang Forum Apresiasi Video Pembelajaran Akademi Desa

News

Penulis:sutardjo

Kegiatan Forum Apresiasi Vdeo Pembelajaran bagi Conten Creator Desa, adalah ajang apresiasi dan penghargaan bagi para Content Creator Muda Desa untuk aktif dalam berbagi pengetahuan tentang Desa terutama Pembangunan dan Pemberdayaan Desa. Kegiatan tersebut diselenggarakan untuk mengkonsolidasikan para Content Creator Muda di Desa dengan jejaring Mitra Akademi Desa untuk mengangkat potensi dan mengangkat isu-isu pembelajaran dari Desa sebagai saran pertukaran pengetahuan antar Desa-Desa di Indonesia, melalui pemanfaatan Online Video Platform (OVP) Akademi Desa.

(11/10,2023). Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi melalui Pusat Pelatihan SDM Desa Daerah Tertinggal dan Trasmigrasi BPSDM DD TT, Menyelenggarakan perhelatan akbar forum apresiasi video pembelajaran bagi para conten creator muda Desa. Kegiatan bertempat di Desa Sumberdodol Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan Jawa Timur.

Menurut Dr. Asnuryati, selaku PIC Kegiatan Forum Apresiasi Conten Creator Desa , Kegiatan ini merupakan bentuk penguatan kelembagaan conten creator desa dengan mitra jejaring sekaligus apresiasi karya bagi para pembuat video pembelajaran berbasis komunitas serta mendorong kerberlanjutan peran konten Kreator Desa dan Jejaring mitra dalam mengembangkan konten-konten pembelajaran.

Kegiatan diawali dengan pelaksanaan Coaching Clinic dan diskusi antara Conten Creator Desa, Para Nominator Terbaik Tahun 2023 dari para alumni Pelatihan Akademi Desa dan Para Mitra Jejaring Akademi Desa yang turut menghadiri kegiatan seperti dari Universitas Nahdatul Ulama Indonesia (UNUSIA), Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Institut Pariwisata Trisakti, Koalisi Rakyat Untuk Kedaulatan Pangan (KRKP), Gedhe Nusantara, Kemitraan Indonesia, dan 101 Media. Topik diskusi pada kesempatan Coaching Clinic adalah berbagai pengalaman dan harapan

Kegiatan forum apresiasi conten creator desa, menurut Rian Indra Gunawan selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) P3PD Sub Komponen 2C1, kegiatan ini merupakan wadah konsolidasi jejaring akademi desa untuk berinteraksi secara berkelanjutan dalam mengembangkan kapasitas atau dukungan keberlanjutan dalam memproduksi konten video pembelajaran serta upaya membangun kemudahan layanan dalam akses pembelajaran melalui Online Video Platform sebagai platform pembelajaran Akademi Desa. Selain itu disampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan untuk mendorong peran aktif / partisipasi warga desa untuk terlibat dan memiliki motivasi untuk memproduksi video pembelajaran secara mandiri sebagai sarana pertukaran pembelajaran antar masyarakat Desa.

Pada sesi malam perhelatan guyuran hujan pada saat penyelenggaraan kegiatan tidak menyurutkan semangat seluruh peserta kegiatan termasuk masyarakat Desa Sumberdodol dan para Undangan kegiatan daru Pejabat Pusat dan Pejabat Pemerintah Daerah, Pemerintah Desa, Para Nominator video pembelajaran terbaik, dan Tamu Undangan lainnya.

Rangkaian kegiatan pada forum apresiasi Konten Kreator Desa dalam produksi Video Pembelajaran ini yang meliputi : Sosialisasi Pengenalan dan Pemanfaatan On Line Video Platform, Pemutaran trailler video nominator dan Penghargaan serta Apresiasi kepada para konten kreator nominator. Pada sesi ini turut memberi sambutan acara yaitu Staf Khusus Menteri Desa, Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi Ahmad Iman Sukri, M.Hum dan Joko Risdiyanto S.H., M.S Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Pemerintah Daerah Kabupaten Magetan.

Pada sesi acara pembukaan kegiatan Dr. Fujiartanto, S.IP, M.SI,. MA selaku Kepala Pusat Pelatihan SDM Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi memberikan beberapa arahan penting dalam penyelenggaraan Forum Apresiasi Video Pembelajaran bagi Konten Kreator Muda Desa yaitu memberikan penghargaan dan apresiasi khusus produksi video yang terpasang pada Online Video Platform Akademi Desa https://ovp.kemendesa.go.id berdasarkan kategori penilaian dari aspek Viewer (penonton), Like (Penyuka ) dan Comment (Komentar) terbanyak pada online video platform Akademi Desa.

Selanjutnya Dr. Fujiartanto, S.IP, M.SI,. MA mengingatkan bahwa Akademi Desa adalah sebuah ekosistem pembelajaran yang menyediakan metode pembelajaran berbasis digital yang mudah diakses masyarakat dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan keterampilan masyarakat di desa dengan basis video-video pembelajaran yang dapat memberikan inspirasi serta berbagai praktik inovasi desa. Video yang dihasilkan akan berkontribusi bagi pembelajaran peer to peer learning, melalui pemanfaatan On Line Video Platform ( OVP) Akademi Desa sehingga platform tersebut mejadi knowledge sharing management yang dikelola menjadi sebuah informasi maupun pengetahuan antar warga desa sehingga dapat menjadi wadah berbagi pengetahuan yang dapat berjalan secara berkelanjutan.

Nominator terbaik produksi video pembelajaran dalam Kegiatan forum apresiasi berasala dari alumni Akademi Desa yang telah mengikuti proses pelatihan dan berproduksi video pembelajaran yang terpasang pada Online Video Platform Akademi Desa, adapun daerah-daerah yang terlibat dalam kompetisi ini adalah Kabupaten Toba, Serdang Bedagai, Bangka, Belitung Timur, Manggarai Barat, Sumba Barat, Boyolali, Magelang, Blitar, Bangkalan, Sumedang, Probolinggo, Situbondo, Pelelawan, Bengkalis, Bengkulu Tengah, Kepahiang, Lombok Utara, Halmahera Barat, Halmahera Tengah, Toraja Utara, Enrekang. Penilaian berdasarkan viewer, comment dan Like pada fitur Online Video Platform (OVP) Akademi Desa. Muhammad Rizky salah satu nominator favorit berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan setiap tahun, sehingga memotivasi para konten kreator Desa.

Para nominator penerima apresiasi dan penghargaan conten creator desa favorit diantaranya Muhammad Rizky (Serdang Pedagai), Juntriana Hutagaol (Toba), Dhita Heru Pambudi (Bangka), Fajar Akhmad Warintrioktama (Magelang), Ari Kurnia (Bangka), Oswaldus Hakur Manjelo (Manggarai), Violoka Aurora (Belitung Timur), Danang Muhammad Zulkanain (Blitar), Theresia Inakii (Sumba Barat) dan Nur Alm Kartika ( Magelang).

Kegiatan Forum Apresiasi ini juga dimeriahkan kesenian dan hiburan rakyat diantaranya Tari Jatilan Reog dan Lagu-lagu Campursari yang semakin menghangatkan suasana kegiatan.

Sutardjo ( Akademi Desa )

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved