Sistem Kemitraan Ayam Broiler Ten Usaha yang di Minati di Hulu Sungai

Opini

MUHAMMAD FIKRIANOR Mahasiswa Prodi Agribisnis Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIPER) Amuntai

Penulis:Bearita.com

Salah satu sektor dibidang agribisnis adalah sektor peternakan. Peternakan merupakan kegiatan mengembangbiakan ternak dengan cara memenuhi segala kebutuhannya dengan tujuan mendapatkan keuntungan baik dari telur, daging maupun bibit unggul dari ternak yg dipelihara. Sektor peternakan terbagi di beberapa bidang diantara nya adalah usaha budidaya ayam broiler. 

Banjarmasin, Bearita.com - Usaha budidaya ayam broiler merupakan salah satu usaha yang banyak diminati masyarakat, salah satu nya di daerah Hulu Sungai (Tanjung, Balangan, Barabai) ditunjukan dengan bertambah banyak nya kandang - kandang ayam broiler di tiga kabupaten tersebut, baik dengan system perkandang tradisonal (Open House) maupun sistem perkandangan modern (close house).

Salah satu faktor utama usaha ini banyak di gemari karena kegemaran masyarakat akan konsumsi daging ayam potong sehingga memudahkan sistem pemasaran karena produk yang dijual sangat diminati di kalangan masyarakat. 

Sistem budidaya ayam broiler terbagi dua jenis ada yang dikelola secara mandiri dan ada juga yang dilaksanakan secara bermitra atau bekerja sama dengan pihak perusahaan kemitraan ayam broiler yang mana saat ini sudah banyak perusahaan kemitraan yang beroperasi di tiga daerah tersebut dengan berbagai macam promosi - promosi yang dilakukan. 

Sistem kemitraan sangat diminati masyarakat karena modal yang disiapkan lebih kecil dibandingkan dengan sistem budidaya mandiri, cukup dengan menyediakan kandang dan peralatan lengkap beserta komponen pendukung lainnya (Sekam, kayu bakar, dll), para peternak sudah bisa melakukan pemeliharan karena sapronak (pakan, ovk, bibit) sudah disiapkan oleh pihak perusahaan dengan harga jual yang sudah ditetapkan diawal.

Para peternak juga diberi fasilitas penunjang seperti Penyuluh yang membina dan mensuport jalannya pemeliharaan, Petugas Timbang saat panen dan pada saat panen ayam yang dipelihara dipasarkan langsung oleh perusahaan jadi para peternak tidak perlu mencari pasar sendiri. 

Budidaya dengan sistem kemitraan merupakan salah satu cara juga untuk mencegah kerugian ketika harga ayam rendah karena sistem kemitraan menggunakan sistem kontrak harga yang mana peternak hanya fokus melakukan pemeliharaan tanpa perlu memikirkan harga pasar karena harga jual kontrak sudah ditentukan diawal, dengan demikian kerugian akibat harga rendah bosa diatasi dan angka kegagalan semakin berkurang. 

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved