Proyek Teknologi Rumahan yang Bisa Dimulai Pemula

Teknologi

Ilustrasi Teknologi

Penulis:Bearita.com

Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, gadget dan inovasi yang Anda temui sehari-hari sering kali terasa seperti muncul di film fiksi ilmiah. Misalnya, kini Anda dapat berbicara dengan Chat GPT di Mercedes-Benz Anda dan mendapatkan kamera keamanan terbang untuk mengawasi rumah Anda.

Sebagai orang yang penasaran bagaimana semua itu tercipta, Anda mungkin tidak akan langsung menciptakan perangkat yang ambisius dan mutakhir. Namun, memilih proyek sederhana untuk dilakukan masih merupakan tantangan tersendiri.

Ada banyak proyek yang sangat cocok untuk pemula seperti Anda. Baik Anda tertarik pada coding, komputer papan tunggal, atau elektronik yang artinya bisa melatih otak Anda untuk menciptakan hal baru. Misalnya akses cepat ke w88 dengan koding buatan sendiri. Siapa tahu?

Berikut proyek teknologi sederhana ramah pemula yang dapat Anda mulai saat ada waktu luang.

Transfer Media Server dengan Komputer Lama

Hanya ada begitu banyak foto, video, dan musik yang dapat disimpan oleh komputer dan ponsel utama Anda. Jadi, ketika satu perangkat kehabisan ruang, biasanya Anda cukup mentransfer file ke perangkat lain. Sebenarnya cara itu sah sah saja dan keren sampai Anda membutuhkan file-file itu, dan Anda terpaksa mengambil perangkat lain untuk mengaksesnya. Bolak-balik ini bisa cepat melelahkan.

Jadi apa yang bisa Anda lakukan? Buat media server rumah khusus menggunakan komputer lama. Server media rumah pada dasarnya adalah unit penyimpanan jarak jauh yang dihosting di komputer khusus yang terhubung ke jaringan rumah Anda. Perangkat Anda lainnya yang terhubung dapat mengakses file di server ini dari jarak jauh, sehingga tidak perlu lagi mendekat secara fisik ke perangkat penyimpanan atau mengandalkan Bluetooth dan flash drive untuk transfer file.

Proyek ini melibatkan penggunaan kembali laptop lama menjadi server yang menjalankan Ubuntu bersama Plex, platform berbagi media swasta yang populer. Plex memungkinkan akses mudah ke file Anda dari kenyamanan rumah Anda dan saat bepergian. Tidak ada pengkodean yang diperlukan untuk pengaturan ini, karena Anda hanya perlu menginstal dan mengkonfigurasi sistem. Namun Anda harus memahami beberapa perintah terminal dasar.

Kamera timelapse Raspberry Pi

Mengenai fotografi time lapse, Anda dapat menemukan berbagai kamera dengan fitur timelapse; bahkan ponsel cerdas Anda memiliki fungsi ini. Namun ada beberapa situasi, seperti mengabadikan matahari terbenam di tepi pantai atau mendokumentasikan proses pencetakan 3D mainan naga yang panjang dan berliku, sepertinya sulit untuk meninggalkan action cam untuk merekam hal yang lama seperti itu. Menyiapkan kamera time lapse khusus mungkin merupakan pilihan terbaik Anda dalam kasus ini.

Kamera timelapse Raspberry Pi adalah standar yang bisa didapat: kamera ini merekam video pada resolusi 1920 x 1080 menggunakan lebar PiCamera v3 (salah satu kamera Pi terbaik untuk aplikasi ini). Keunggulan Raspberry Pi adalah otomatisasi. Anda dapat mengkonfigurasinya untuk merender video timelapse secara otomatis, sehingga Anda tidak perlu repot menyusun foto secara manual menjadi video.

Semua konten yang diambil kemudian disusun dengan rapi ke dalam folder tertentu di Raspberry Pi, yang dapat Anda akses melalui jaringan dari PC Anda. Kode programnya ditulis dengan Python dan mungkin agak membingungkan bagi pembuat kode pemula.

Namun kabar baiknya adalah tidak perlu mengubah kode untuk menyesuaikan pengaturan kamera. Sebaliknya, proyek ini menggunakan file teks yang dapat diedit untuk konfigurasi. Di sinilah Anda dapat mengatur parameter seperti waktu mulai dan berakhir, interval pengambilan gambar dalam hitungan detik, jumlah hari untuk pengambilan gambar berturut- turut, output video FPS, dan bahkan mengaktifkan fitur seperti HDR, fokus otomatis, dan penghapusan otomatis gambar lama. Untuk membuat proyek, Anda memerlukan Raspberry Pi 4B, lebar PiCamera v3, dan layar TFT mini Pi.

Membuat Game Konsol Genggam

Kemungkinannya adalah, Anda memiliki satu atau dua permainan di ponsel Anda untuk menghabiskan waktu saat istirahat makan siang atau saat berada di kereta pulang. Namun game seluler di ponsel cerdas Anda tidak selalu merupakan bentuk hiburan terbaik, terutama ketika banyak game memerlukan koneksi internet atau baterai ponsel Anda cepat habis karena itu juga merupakan perangkat Anda untuk melakukan hal lainnya. Solusi praktis untuk masalah ini adalah dengan membuat konsol genggam untuk kebutuhan game Anda.

PALPi v6 adalah konsol game ringkas yang dapat Anda bawa ke mana saja. Dua baterai Li- ion 3,7V memberi daya pada perangkat ini, dan berjalan pada Raspberry Pi Zero dengan Recalbox OS terinstal. Sistem operasi ini sudah dimuat sebelumnya dengan game klasik tetapi juga memungkinkan penambahan ROM khusus untuk mempersonalisasi pengalaman bermain game Anda. Desain konsol ini mengacu pada Gameboy Advanced (GBA) yang ikonik dengan struktur terlipatnya. Anda dapat memainkannya baik dilipat atau tidak.

Sebagian besar proses pembuatan proyek adalah merakit komponen elektronik, termasuk IC, kapasitor, resistor, dan tombol, serta merakit komponen utama ke dalam wadah. Meskipun demikian, proyek ini bagus untuk melatih keterampilan menyolder Anda. Dari segi perangkat lunak, satu-satunya hal yang perlu Anda lakukan adalah menginstal OS (dan ROM khusus Anda jika ada).

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved